Disdik dan Kwarda Pramuka Bangun Komitmen 'Sulsel Cerdas Berkarakter'
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Disdik dan Kwarda Pramuka Bangun Komitmen 'Sulsel Cerdas Berkarakter'

Jumat, 11 September 2020,

Wartasulsel.id.Makassar
-Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan bersama pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan berkomitmen untuk membangun Sulawesi Selatan sebagai provinsi yang cerdas dan berkarakter.


Hal ini menjadi kesepakatan antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog dengan Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulsel, Dr Rahmansyah dalam pertemuaan silaturahmi di Ruang Kerja Kadisdik Sulsel Jl. Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar, Jumat (11/9).


Turut mendampingi Kadisik Sulsel, Kepala Bidang Pembinaan SMA, H. Sabri, SPd.MPd, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra. Hj. Andi Ernawati, MPd, dan Kasi TIK PTIKP, H. Anshar, S.Sos,M.I.Kom.


Dalam pertemuan yang penuh keakraban ini dibahas sejumlah program yang akan disinergikan antara Kwarda Pramuka Sulsel dengan Disdik Sulsel.


Sekretaris Kwarda Pramuka Sulsel, Rahmansyah mengatakan, pertemuan ini selain sebagai pertemuan silaturahmi, juga sebagai penyampaian awal program Kwarda Pramuka Sulsel yang ingin disenergikan.


Berdasarkan Permendikbud No. 63 Tahun 2014, kata Rahmansyah, dinyatakan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi memiliki tugas antara lain, melaksanakan program pengembangan kelembagaan secara terintegrasi, terukur dan menyeluruh dalam Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib. Karena itu, untuk memaksimalkan pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib terutama pelaksanaannya di satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB, 


Rahmansyah berharap Disdik Sulsel bersama Kwarda Pramuka Sulsel bisa segera membentuk Tim Pengembangan Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajid di Sulsel.


 “Nanti kita bersama-sama menyusun program-program yang dapat lebih mengarahkan jalannya proses pendidikan Kepramukaan di satuan pendidikan,” ujar Rahmansyah.


Sekretaris Kwarda Pramuka Sulsel ini juga mengutarakan rencana melakukan Orientasi Kepramukaan bagi Kepala Sekolah (Ketua Mabigus) dan Wakasek Kesiswaaan yang akan dilakukan secara daring dibuka Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, diharapkan juga diikuti para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII.


Selain itu, kata Rahmansyah, 
Kwarda Pramuka Sulsel juga akan melakukan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi guru-guru SMA/Pembina Pramuka, Pembentukan Pramuka Peduli Berbasis Gudep, Pengaktifan kegiatan Saka Widya Budaya Bakti.


Usai mengutarakan sejumlah programnya, Rahmansyah menyerahkan dokumen program Kwarda Pramuka Sulsel kepada Kadisdik Sulsel Prof. Jufri.Prof Jufri memberi apresiasi yang tinggi dan menyambut baik maksud Kwarda Pramuka Sulsel yang ingin melakukan sinergitas dengan Disdik Sulsel.


 “Apa yang diinginkan Kwarda Pramuka Sulsel ini, akan kita diskusikan di lingkup Disdik Sulsel untuk merancang programnya, di sini ada Kabid SMA, Kabid SMK, nanti kita susun seperti apa yang akan kita lakukan ke depan. Apalagi program yang ditawarkan sejalan dengan program prioritas Pak Gubernur Sulsel, yaitu Sulsel cerdas dan Berkarakter,” ucap Prof Jufri.


*QMH.MUASRI.YUN*

loading...

TerPopuler