16 Pelaku UMKM Wajo Yang Lolos Verifikasi Dapat Bantuan Modal, Perhatian Pemerintah di Tengah Pandemi
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

16 Pelaku UMKM Wajo Yang Lolos Verifikasi Dapat Bantuan Modal, Perhatian Pemerintah di Tengah Pandemi

Kamis, 02 September 2021,


WAJO.WARTASULSEL.ID- Para pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, patut bersyukur karena mendapat kucuran bantuan modal dari pemerintah pusat. Terlebih UMKM jadi sektor yang ikut terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI baru saja menyalurkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, yang ditujukan kepada para pelaku UMKM.

Tercatat ada 16 pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan ini. Seluruh UMKM yang mendapat bantuan ini telah verifikasi pemberkasan yang dilakukan ini untuk mempercepat realisasi penyaluran bantuan.

Proses proses verifikasi pemberkasan dokumen berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu (1/9/2021). Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM RI dan Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan hadir pada kesempatan ini.

Atas bantuan yang diberikan kepada para pelaku UMKM, Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan rasa syukurnya. "Kami sangat menyampaikan apresiasi terima kasih kepada Kementerian Koperasi UKM RI karena perhatian yang begitu besar pada pelaku UMKM yang ada di Wajo," kata Amran Mahmud.

Dukungan ini, kata Amran, menjadi penyemangat bagi pelaku-pelaku usaha di Bumi Lamaddukelleng untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi. Apalagi bantuan ini sejalan dengan program unggulan Pammase untuk mencetak 10.000 entrepreneur baru.

"Tentu mencapai hal ini bukan hal mudah, tapi kenapa saya berani karena Wajo dikenal kota niaga. Dulu masyarakat Wajo dikenal sebagai 'passompe' (perantau), di samping itu masyarakat Wajo juga dikenal ulet, punya jiwa bisnis yang tinggi. Siapa pun bisa berbisnis dan itu didukung dengan potensi sumber daya alam," kata Amran.

Deputi Kewirausahaan Kemenkop UKM RI, Halif Mujtahid, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Wajo, khususnya Bupati Wajo, yang menyambut antusias bantuan dari Kemenkop UKM RI.

Dia mengatakan, proses verifikasi pemberkasan yang dilakukan ini untuk mempercepat realisasi penyaluran bantuan. "Kami ingin katakan bahwa pelaku wirausaha di Wajo yang dapat bantuan ini sangat beruntung sekali. Karena harus bersaing dengan 10 ribu lebih wirausahawan lainnya di Indonesia yang memasukkan proposal, sementara alokasi yang kami yang akan mendapat bantuan hanya 1.300," sebutnya.

Khalif berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan semaksimal mungkin untuk pengembangan usahanya.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Disperindagkop UKM Wajo, Ambo Mai, jumlah pelaku usaha UMKM di Wajo sampai Agustus 2021 tercatat 11.595 dengan rincian pelaku usaha mikro kecil 10.643 dan usaha menegah 961.

"Dari proposal yang kita usul pada bulan Juni lalu, alhamdulillah 16 di antaranya lolos, masing-masing akan mendapatkan bantuan modal usaha sejumlah Rp5 juta dan Rp7 juta sesuai jenis usahanya. Sembilan masih dalam tahap verifikasi, tentunya kita berharap ini juga bisa lolos. Untuk Sulawesi Selatan, hanya Wajo dan Enrekang yang mendapat bantuan ini. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik," harapnya.

*QMH.HALAMAN Jy*
loading...

TerPopuler