Dua Siswi SMKN 6 Makassar Siap Jadi Duta Sulsel LKS Tingkat Nasional
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Dua Siswi SMKN 6 Makassar Siap Jadi Duta Sulsel LKS Tingkat Nasional

Sabtu, 13 Agustus 2022,


MAKASSAR.WARTASULSEL.ID -Meraih prestasi LKS tingkat Provinsi Sulsel bukan perkara mudah, tetapi menyongsong event LKS tingkat Nasional menjadi babak baru pertaruhan sengit sebab para jawara dari masing-masing provinsi akan bersaing secara ketat di level nasional dan termasuk inilah yang akan dialami nantinya dua siswi SMKN 6 Makassar yang baru saja merebut juara Fashion Tecnology pada ajang LKS yang telah dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Lomba Kompetisi Siswa (LKS) berlangsung selama 3 hari, yakni, 10-13 Agustus 2022 diikuti 73 siswa SMK terbaik dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Khusus lomba Fashion Technology  menghadirkan tiga dewan juri, yakni Lily Gunawan yang merupakan Ketua Asosiasi Desainer IFC Kota Makassar, Andi Umaya, SE dari Ikatan Penata Busana Indonesia (IPBI) Kartini dan Nurhijrah, S.Pd, M.Pd dari Universitas Negeri Makassar (UNM).

Menyikapi soal dua siswanya yang meraih juara, Kepala SMKN 6 Makassar, H. Amar Bachti, S.Pd, MM mengatakan, untuk kegiatan Fashion Technology SMK tingkat Provinsi Sulsel ditempatkan di SMKN 6 Makassar.

"Alhamdulillah selama tiga hari pelaksanaan, hari ini sudah tuntas. Dan yang pasti kami bersama dengan ketiga dewan juri, dari profesi fashion technology serta praktisi lapangan berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan ini dengan berintegritas," ujar H. Amar Bachti, Sabtu 13 Agustus 2022.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa,  pelaksanaan Lomba Kompetisi Siswa Fashion Technology diikuti oleh 9 peserta, yaitu Putri Febriana (SMKN 2 Gowa), Hartini Mustari (SMKN 7 Bone), Nur Rezki Almawaddah (SMKN 1 Bantaeng), Khusnul Khotimah (SMKN 1 Soppeng), Ammy Rahayu (SMKN 3 Pare-Pare), Nurdianti (SMKN 2 Pangkep), Andika Sagita (SMKN 6 Makassar), Olivia Jelianti (SMKN 4 Tana Toraja) dan Rezki Aulia (SMKN 6 Makassar).

"Insya Allah untuk pengumuman pemenang akan diumumkan saat acara penutupan di Kantor Disdik Sulsel," jelas H. Amar Bachti.

"Harapan kami para pemenang merupakan yang terbaik diantara semua peserta. Dan Insya Allah tentunya kita berharap Dinas Pendidikan memberikan treatment khusus, bagaimana melatih pemenang untuk mempersiapkan dalam juara tingkat nasional," pungkasnya.

Sementara itu, Lily Gunawan sebagai Dewan Juri mengatakan bahwa untuk perlombaan kali ini pesertanya tampak semangat semua, pengetahuan dasar tentang tehnik menjahit dan pola cukup bagus, namun kesiapan mentalnya saja yang harus di pucuk lagi di masing-masing sekolah.

Dalam kriteria atau penilaian perlombaan kali ini, ia menjelaskan bahwa dalam kriteria perlombaan ini terbagi atas 4 modul, masing-masing modul itu mempunyai bobot nilai yang sudah ditentukan oleh pihak panitia. "Jadi bobot nilai yang tertinggi itu berada di modul 4," ujar Lily Gunawan.

Lanjut ia menambahkan, untuk kriterianya harus menguasai semua modul. Di modul satu mereka harus memiliki nilai yang tinggi, di modul dua, tiga dan keempat juga mereka harus memiliki nilai yang tinggi.

"Karena bobotnya yang paling tinggi di modul keempat, seharusnya mereka lebih fokus di modul keempat," jelasnya.

Untuk quality atau kualitas dari masing-masing juara, di modul satu mereka harus menyelesaikan desain yang sesuai dengan market yang diminta, kemudian modul yang kedua terkait dengan fashion digital 4.0, jadi para peserta mendesain pattern menggunakan technologi komputer.

Selanjutnya di modul ketiga tentang keterampilan tehnik dalam mengolah kain, yaitu di dreping. "Jadi mereka ditantang untuk membuat baju dreping atau lebih tepatnya body pattern jadi tidak dijahit, baju itu dibuat sesuai dengan model yang sudah ditentukan di patung itu sendiri, sampai baju itu digunakan untuk pentul saja tapi bisa dilepas," sambungnya.

Kemudian di modul keempat, dimana para peserta mulai dari mendesain ulang baju yang mereka jahit dengan empat challange, yang pertama menggunakan garis kerah, kedua dengan detail lipitan, kemudian yang ketiga saku vest dan yang terakhir look busana asimetris.

Berikut Pemenang Lomba Kompetisi Siswa (LKS) Fashion Technology SMK Tingkat Sulsel yakni, Andika Sagita (SMKN 6 Makassar) skor 1.140,  Rezki Aulia (SMKN 6 Makassar) skor 1.043 dan  Nur Rezki Almawaddha (SMKN 1 Bantaeng) nilai akhir 935.(*)
loading...

TerPopuler