‌675 Siswa SMA Bertalenta Sains Lingkup Cabdin Wilayah I Bersaing ‌di Ajang Seleksi KSN-K 2021
hj
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
karebaparlementa'

‌675 Siswa SMA Bertalenta Sains Lingkup Cabdin Wilayah I Bersaing ‌di Ajang Seleksi KSN-K 2021

Kamis, 03 Juni 2021,


MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-‌Kompetisi Sains Nasional yang memperlombakan sembilan cabang lomba, di antaranya, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Informatika / Komputer merupakan 'Prestigious Event' yang sangat dinantikan oleh para siswa bertalenta di bidang Ilmu Sains dan teknologi dan Bermental Juara. Selain itu, dengan proses penyelenggaraan yang dilakukan secara sistematis dan berjenjang; diawali dari seleksi tingkat sekolah, tingkat kabupaten / kota, dan tingkat provinsi, merupakan momentum bagi pemerintah daerah sebagai benchmarking mutu atau indikator keberhasilan pendidikan daerah menuju pada level nasional dan internasional. 
‌ Setelah melewati  beberapa rangkaian kegiatan pada tahap persiapan, mulai dari tahap verifikasi, registrasi, proses sinkronisasi, dan simulasi atau ujicoba aplikasi, akhirnya kamis, 3 - 4 Juni 2021 Seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kabupaten / kota serentak digelar di seluruh pelosok tanah air.

 Sebanyak 675 siswa bertalenta dari berbagai SMA negeri dan swasta yang berada dalam kewenangan dan koordinasi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I (Maros dan Makassar Utara) mulai unjuk kemampuan mengeksplorasi potensi akademik, bersaing merebut tahta menjadi yang terbaik sekaligus membidik tiket menuju Seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. 
‌Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Hj. Bagyang, S. Pd., MM menuturkan bahwa penyelenggaraan Seleksi KSN-K 2021 ini berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun - tahun sebelumnya. "Regulasi atas pemberlakuan Social dan Psycal Distancing selama masa Pandemi Covid 19 menjadi dasar pertimbangan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Ristek sebagai otoritas penyelenggara KSN merubah format penyelenggaraan seleksi. Di mana pada tahun sebelumnya seleksi tingkat kabupaten / kota dipusatkan di salah satu sekolah yang ditunjuk, namun pada tahun ini masing-masing sekolah ditetapkan sebagai sekolah penyelenggara sekaligus sebagai sekolah peserta KSN-K yang pelaksanaannya mengadopsi model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan Sistem Online". jelasnya. 
‌Mengingat penyelenggaraan KSN-K tahun ini mulai dari tahap persiapan sampai pada tahap Seleksi telah menyita waktu dan menguras tenaga dari semua perangkat yang terlibat di tingkat sekolah, maka saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi - tingginya kepada para kepala sekolah, pembimbing, operator, proktor, dan teknisi yang telah berkomitmen dan bekerja maksimal dalam mendukung terlaksananya Seleksi KSN-K 2021 di Kabupaten Maros dan Makassar Utara". 

Lanjut Kacabdis yang murah senyum ini juga menjelaskan secara detail bahwa di wilayahnya total sejumlah 675 siswa terbaik dari berbagai SMA negeri dan swasta ikut berpartisipasi pada KSN-K 2021. 

Kacabdin I juga merinci bahwa sebanyak 366 siswa yang berasal 16 SMA negeri dan swasta yang berada di Kabupaten Maros dan 309 siswa yang berasal dari 17 SMA negeri dan swasta yang berada di Makassar utara. Selain itu, untuk menjamin penyelenggaraan Seleksi KSN-K yang berintegritas di wilayahnya, beliau menegaskan bahwa pihaknya telah menyusun skema pengawas Seleksi KSN-K, di mana satu sekolah menugaskan satu orang pengawas dan silanjutnya tugas pengawasannya Kami format dengan sistem silang (barter) dan acak (segi tiga) sesuai jumlah sekolah yang berpartisipasi dalam KSN. 

‌"Kami tidak ingin Seleksi KSN-K di wilayah Kami dicederai oleh tindakan-tindakan yang kurang sportif. Kami selalu menekankan untuk memegang teguh prinsip kejujuran karena sejatinya 'Jujur itu adalah segala Juara, "ujar Hj.Bagyang.

*QMH.SALMAN*
loading...

TerPopuler