Farmasi Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Sistematik Literatur Reviu
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Farmasi Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Sistematik Literatur Reviu

Selasa, 14 September 2021,


MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan kuliah umum dengan tema "Strategi Penulisan Review Bereputasi Internasional". Kegiatan berlangsung pukul 13.00 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Senin (13/09), hadir sebagai narasumber Muh.Akbar Bahar, Ph.D., Apt (Dosen Farmasi Unhas). 

Dalam kesempatan tersebut, Akbar memaparkan materi terkait "Systematic Literatur Review", yang secara umum memberikan gambaran tentang peran dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan, serta manfaat hingga perangkat yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas tersebut bagi seorang pengulas (reviewer). 

Systematic Literature Review (SLR-Tinjauan Pustaka Sistematis) merupakan metode _literature review_ yang mengidentifikasi, menilai dan menginterpretasi temuan-temuan pada suatu topik penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian _(research question)_ yang telah ditetapkan sebelumnya.  Metode tersebut dilakukan sistematis mengikuti tahapan dan protokol agar terhindar dari bias dan pemahaman subyektif. 

"Ada beberapa keuntungan memanfaatkan _systematic literatur review_ salah satunya adalah mampu menghemat waktu dan dana untuk peneliti, dokter, pembuat kebijakan, lembaga pendanaan dan sebagainya. Selain itu, juga dianggap mempengaruhi pengambil keputusan dalam suatu penelitian," jelas Akbar. 

Lebih lanjut, Akbar menambahkan secara umum ada beberapa tahapan dalam melakukan SLR yakni perencanaan yang dimana harus melibatkan minimal tiga orang, yang memiliki peran melakukan seleksi artikel, kemudian berdiskusi antara _reviewer_.

Memformulasikan ide dengan sebuah pertanyaan penelitian dengan menggunakan sistem PICO juga diperlukan, setelahnya membuat protokol penelitian dan registrasi protokol. Selain tahapan perencanaan, juga dibutuhkan tahapan conduting yang memuat beberapa unsur hingga sampai pada tahapan pelaporan. 

Kegiatan yang dipandu oleh Yusnita Rifai, Ph.D., apt (Dosen Farmasi Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 300 peserta berlangsung lancar dan berakhir pukul 15.30 Wita. 

*QMH.MIR*

loading...

TerPopuler