BB POM Makassar Jalin Sinergitas Dengan PEMKAB Bone Lewat MOU
pasang
pasang

BB POM Makassar Jalin Sinergitas Dengan PEMKAB Bone Lewat MOU

Kamis, 13 Januari 2022,


BONE.WARTASULSEL.ID-Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Makassar Ibu Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM., beserta rombongan berkunjung ke Kab. Bone dalam rangka membahas kerjasama /sinergitas untuk program penting terkait Tugas Pengawasan Obat dan Makanan di wilayah Kabupaten Bone.


Kunjungan Kepala BB POM Makassar diterima oleh Bupati Bone DR.H.A.Fahsar M Padajalangi,M.Si., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Drs. H. Andi Islamuddin, di Ruang Rapat Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bone, Rabu, 12 Januari 2022.

Bupati Bone, Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, MSi dalam sambutan Penerimaan menyampaikan, selamat datang atas kunjungan Ibu Kepala Balai Besar POM Makassar di tanah Bone.

"Suatu kebanggaan tersendiri atas kunjungan Ibu karena selama 8 tahun menjabat Bupati, baru kali ini dikunjungi BB POM, semoga berkenan menempatkan kantor POM di Bone, mengingat Luas dan jumlah penduduk Bone terbanyak ke dua di SULSEL setelah Makassar, dan Bone sebagai pintu keluar masuk ke Sulawesi Tenggara.

Lanjut Bupati Bone, "Banyaknya UMKM di Bone yang belum terdaftar di Balai Besar POM sehingga pengusaha hanya menjual produknya di kios dan warung warung, tidak bisa masuk ke Supermarket dan mall.

Diharapkan bimbingan dan pembinaan Ibu Kepala Balai Besar POM kepada para pelaku UMKM, sehingga mereka dapat memasarkan pruduknya dan diterima di supermarket dan Mall", ungkap  A. Fahsar. Sebelum menutup sambutannya, Bupati Bone memperkenalkan seluruh OPD yang terkait yg sempat hadir.

Kepala Balai Besar POM Makassar, menyampaikan sambutannya dengan memperkenalkan dirinya beserta rombongannya,  Adapun Program BB POM Makassar yang akan di sinergitaskan dengan Pemerintah Daerah atau Agenda Penting yang dimaksud yakni :
1). Instruksi Presiden No.3 tahun 2017 Tentang Peningkatan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan;
2). Peraturan Menteri Dalam Negeri No.41 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kordinasi, Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di daerah.
3). Program Prioritas Nasional seperti Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas , Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah Dan Desa Pangan Aman
4) Pendampingan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM).
5. Memorandum of Understanding (MoU).

Terkait program tersebut kementrian dalam Negri mengeluarkan pemendagri no.41 tahu 2012 yang mengamanahkan untuk membuat tim Koordinasi Pengawasan Badan Makanan di Daerah.

“Dalam menerapkan program ini akan membuat MoU antara BB POM Makassar dan Kabupaten Bone biar aman”,  Ucap Hardaningsih

Di pertemuan tersebut seluruh OPD yang terkait turut hadir diantaranya Kepala Dinas Perisinan dan Penanaman modal, Kepala Dinas  Litbang, Ketua Bappeda, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas KOMINFO, Kepala Dinas Perikanan, Kadis Ketapang Kabupaten Bone dan acara ditutup dengan saling pemberian Cendramata.

**QMH*AHAS**
loading...

TerPopuler