Vaksinasi Rabies Melalui Kegiatan Berburu Babi Liar
hj
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
karebaparlementa'

Vaksinasi Rabies Melalui Kegiatan Berburu Babi Liar

Selasa, 19 Oktober 2021,


SOPPENG.WARTASULSEL.ID-Peningkatan Vaksinasi Rabies melalui kegiatan Mappallellung (Berburu Babi Liar) di jalan Poros Buludongi, Desa Pising Kecamatan Donri-donri Kabupaten Soppeng, Minggu 17 Oktkber 2021 

Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Soppeng melalui  drh. Nurul Fadillah Sultan, S.KH mengatakan Rabies termasuk salah satu penyakit mematikan yang ditularkan dari hewan ke manusia. 

Sumber penular utama penyakit rabies adalah anjing, disamping dapat juga ditularkan oleh kucing dan kera. Salah satu langkah pencegahan penyakit rabies adalah pemberian vaksin pada hewan sumber penular."Ujar Nurul Fadilla

 Kegiatan berburu babi atau dalam bahasa bugis disebut Mappallellung, yang kini jadi hobby masyarakat dan bahkan telah memiliki komunitas bernama Porbis (Persatuan Buru Babi Indonesia), menjadi sebuah resolusi pemberian vaksin yang mudah dan cepat pada anjing. Dimana kegiatan Mappallelung menjadi ajang berkumpulnya anjing peliharaan para pemburu babi.

Seperti pada kegiatan Mappallellung hari Minggu 17 Oktober 2021 kemarin, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Pising Kec. Donri-donri Kab. Soppeng berkolaborasi dengan Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan. 

Setelah perburuan babi selesai, anjing langsung divaksin rabies oleh tim vaksinator DPKHP Soppeng. Dalam waktu sehari dan ada 200 ekor anjing yang berhasil divaksin.

Sementara jika harus memberikan vaksin rabies door to door memerlukan waktu yang lama dan tenaga yang lebih banyak untuk mencapai target sejumlah tersebut. Jadi sangat jelas, sinergi antara hobby berburu babi dan peningkatan vaksinasi rabies nyata adanya.

Sementara Kadis DPKHP, Ir.Erman Asnawi, M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi pada saat Mappalellung sudah sering atau rutin dilakukan karena dianggap efisien dan efektif. 

*Sekitar 50 komunitas Mappalellung yang tersebar pada 70 desa/kelurahan di Kabupaten Soppeng yang beberapa tahun terakhir bekerja sama dengan DPKHP"Tandas Erman Asnawi

loading...

TerPopuler