LDKS 2022 Osis SMA Negeri 11 Maros Menyongsong Era Kekinian
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

LDKS 2022 Osis SMA Negeri 11 Maros Menyongsong Era Kekinian

Jumat, 21 Januari 2022,


MAROS.WARTASULSEL.ID-Menyongsong era kekinian akan mewujudkan dalam mengaktualisasi Agen of Change (Agen Perubahan) yang menjadi titik sentral dalam rangka pengembangan sebuah organisasi. Demikian halnya ketika membahas aspek yang berkaitan upaya organisasi mereformasi diri dalam situasi perubahan kultur dan menata langkah-langkah strategis ke depan.

Setiap perubahan membutuhkan sejumlah figur sebagai role mode atau pemandu proses berjalannya perubahan yang terjadi dalam roda organisasi menuju tujuan yang diharapkan.

Dalam upaya memberi warna baru serta membangun aura positif bagi para personilnya, OSIS SMA Negeri 11 Maros sebagai salah satu unsur agen perubahan di tingkat sekolah, Jumat 21 Januari 2022 menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS 2022). 

LDKS merupakan rutinitas tahunan yang menjadi ruang pembekalan dan penguatan bagi para Pengurus OSIS dan Pengurus Kelompok Ekstrakurikuler di sekolah tersebut, periode kepengurusan yang baru.
Kegiatan yang diikuti oleh 90 orang siswa sebagai peserta ini, dihadiri dan dibuka Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I.

Kepala SMA Negeri 11 Maros, Drs. M. Said, M.Pd menyambut positif kegiatan LDKS yang diprakarsai OSIS SMA Negeri 11 Maros.
Menurutnya, kegiatan ini sangat urgen dilaksanakan mengingat tantangan perubahan ke depan yang begitu kompleks dalam konteks dinamika berorganisasi.

"Kegiatan LDKS ini merupakan salah satu program unggulan yang ada di SMA Negeri 11 Maros. Melalui LDKS ini diharapkan mampu merangsang dan mendorong terbentuknya nalar kritis bagi siswa khususnya kalangan Pengurus OSIS dalam mempersiapkan sekaligus menjawab kompleksitas tantangan di masa depan. 

Melalui LDKS ini, terbersit sebuah harapan besar bahwa dari embrio LDKS akan lahir figur-figur yang kelak akan menjadi pemimpin yang berkarakter dan berintegritas untuk Kabupaten Maros secara khusus dan Sulawesi Selatan secara umum" Support 'Pak Uztad', sapaan kepala sekolah yang dikenal ramah dan santun ini.

Sementara Kacabdisdik Wilayah I, Hj. Bagyang, S.Pd., MM. dalam arahannya menegaskan bahwa kegiatan LDKS ini sangat penting dalam rangka membangun karakter dan merubah mindset (pola pikir) dan cara pandang sebagai bekal menuju peralihan estafet kepemimpinan di masa mendatang.

"Pemimpin yang tangguh dan berkarakter tidak terlahir secara instan, melainkan melalui proses metamorfosis wadah, proses, dan waktu. Salah satu wadah strategis sebagai tempat berprosesnya praktek kepemimpinan di sekolah adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), imbuhnya.

Lebih lanjut di jelaskan bahwa, "Melalui LDKS ini memberi ruang kepada anak-anakku untuk belajar lebih dalam lagi tentang bagaimana berinteraksi dan membangun kolaborasi dalam konteks berorganisasi, lebih memahami model dan tipe kepemimpinan yang baik, dan terpenting adalah membangun dan memelihara sikap mandiri". kuncinya.

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa OSIS SMA Negeri 11 Maros berlangsung tiga hari, yakni, 21 - 23 Januari 2022, menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya; legislator Sulsel, organisasi / tokoh jepemudaan, dan akademisi Kabupaten Maros.(salman)
loading...

TerPopuler