Plt. KADIS Pertanian Bone : Program IP400, Petani Bisa Tanam dan Panen 4 Kali Setahun
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Plt. KADIS Pertanian Bone : Program IP400, Petani Bisa Tanam dan Panen 4 Kali Setahun

Rabu, 19 Januari 2022,


BONE-WARTASULSEL.ID-Adanya Program IP 400 dari Kementerian Pertanian, untuk menggenjot petani bisa menanam dan panen 4 kali setahun, Dinas pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone menggelar Rapat dan Sosialisasi Pengembangan serta Perluasan Areal Tanam padi serta peningkatan indeks pertanaman (IP), khususnya di kegiatan budidaya padi IP 400 di tahun 2022.


Kegiatan ini dipimpin langsung  PLT. KADIS Pertanian,  H. Andi Asman Sulaeman, S. Sos, MM  yang dihadiri Ka Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian Provinsi SULSEL, Dr. Abd. Wahid, Ketua KTNA Provinsi SULSEL, KABID, Ka. Pelaksanaan Penyuluh dan CDK se-kabupaten Bone  di aula kantor DINAS pertanian, Rabu, 19 Januari  2022.

Andi Asman mengatakan kegiatan ini merupakan program nasional yang baru pertama kali di Sulsel dan kabupaten Bone yang pertama akan melakukan uji coba  program IP 400 ini 

"Uji coba  program IP400 ini dari 27 kecamatan di kabupaten Bone,  kami telah siapkan 25 hingga 3000 hekta dari 14.000 hektar per CDK /PBB dimana nantinya kita melakukan 4 kali tanam dan  panen dalam setahun",  Ujar Andi Asman.

H. A. Asman Sulaiman, S. Sos,  MM sebagai KADIS Ketapang Bone  sekaligus  sebagai PLT. Kadis Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, mengatakan IP400 merupakan program nasional  dalam cara menanamnya ada 3 cara yaitu 1). Dengan cara culik yaitu ada tanaman di pindahkan atau diangkat , 2) Dengan cara Dapok ,yaitu ditanam dekat rumah disemen depan rumah pakai talang, 3). Kerjasama dgn perusahaan yang menyediakan bibit melalui bantuan KUR dari perbankan. 

Lebih jauh Andi Asman menyampaikan Melalui uji coba Program Indeks  Penanaman.(IP) 400 dengan jangka waktu benih hanya maksimal  82 hingga 90 hari,  di musim tanam pertama atau MT1ditarget maximal 90 hingga 100 hari . 2. MT2 target 80 hari , 3 . MT3 Tetap  80hari karena Jedah hanya 35 hari 360 hari

Terkait hasil produksinya nanti, tentu ada bibit tersendiri yang kita dorong termasuk tahan kekeringan contoh Mekongga, Cakra buana.

"Yang jelas dari 25 hingga 3 ribu hektar lahan pertanian yang disiapkan untuk uji coba progam IP 400 berada di daerah irigasi yang air irigasinya tersedia sepanjang tahun karena sistim tanam itu tidak mengenal cuaca rata rata bagaimana sumber air itu ada",  kata Andi Asman Sulaeman 

Dirinya berharap  melalui program IP400 semoga petani bisa betul betul masyarakat menerimanya, dapat melaksanakan dengan baik biar lebih meningkatkan produksinya begitu pula seluruh penyuluh ditekankan  selalu melakukan pendampingan", tutup Plt. KADIS Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone.

 **QMH*AHAS**
loading...

TerPopuler