Dari Jarkom Bandung, Direktorat SMA Raih Sukses Hingga Tercepat Perampungan Data
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Dari Jarkom Bandung, Direktorat SMA Raih Sukses Hingga Tercepat Perampungan Data

Minggu, 18 September 2022,



BANDUNG.WARTASULSEL.ID-Rapat Koordinasi (Rakor) Jaringan Informasi dan Komunikasi SMA tahun 2022  usai terlaksana di Bandung, Jawa Barat.

Sebanyak 163 orang peserta yang terdiri atas 34 Kepala Bidang SMA, 34 orang Ketua MKKS SMA, 34 orang Ketua MKPS dan 34 orang Tim Media SMA/Humas Disdik telah kembali ke tempat tugasnya masing-masing.

Mereka, selama 3 hari, Kamis - Sabtu (15 - 17 September) telah di bekali beragam informasi kebijkan dan program Kemendikbud Ristek. Mereka juga diupgrade skillnya untuk penggunaan aplikasi Jarkom SMA dan juga bagaimana strategi penggunaan media sosial (medsos) untuk kepentingan pendidikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat SMA Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Ristek, Winner Jihad Akbar, S. Si. M. Ak mengharapkan, Jaringan Informasi dan Komunikasi (Jarkom) SMA menjadi saluran informasi dan komunikasi yang dapat diandalkan dalam penyebaran informasi dan komunikasi di Kemendikbud Ristek.

Harapan ini diungkapkan ketika membuka kegiatan Rapat Koordinasi Jarkom SMA Tahun 2022 di Hotel Novotel Jl Cihampelas Bandung, Kamis (15/9 2022).

Winner Jihad Akbar menginginkan Jarkom SMA bisa menjadi corong Kemendikbud Ristek di daerah yang menyiarkan informasi dan komunikasi kepada pemerintah daerah, masyarakat atau satuan pendidikan. Ia mengakui kehadiran Jarkom SMA sejak dibentuk tiga tahun lalu telah banyak memberi manfaat kepada masyarakat, terutama pada Direktorat SMA.

Akibat adanya jejaring ini, kata Winner, Direktorat SMA memiliki rating tertinggi dalam kegiatan pelaporan dan perampungan pendataan. Dari singkronisasi Dapodik, AKM hingga pelaporan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar). Itu semua berkat adanya jejaring kita, Jarkom SMA.
"Terima kasih teman-taman semua atas kesediaannya menjadi bagian dari kami, Jarkom SMA," ujar Winner Jihad Akbar.

Direktorat SMA, kata Winner, merupakan direktorat tersibuk di Kemendikbud Ristek. Dari 22 episode Merdeka Belajar yang diluncurkan Mas Menteri, ada 12 episode yang bersentuhan langsung dengan Direktorat SMA. Dan ada 3 program yang paling prioritas kita, yaitu terkait Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka dan Rapor Pendidikan serta Perencanaan Berbasis Data.

Winner mengatakan, kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya SDM unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Untuk itu perlu adanya strategi publikasi dan komunikasi yang menyasar seluruh lini masyarakat dan stakeholder terkait.

Rakor Jarkom SMA diikuti Tim Jarkom se Indonesia. Tim Jarkom SMA Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Kepala Bidang SMA, Asqar, SE.MM sebagai penanggung Jawab, Tim Media Bidang SMA, Muhammad Asri sebagai Koordinator Pelaksana, Dr H Muliono Caco, MPd, (MKPS) Syarifuddin Munier, SPd.MSi (MKKS).

*QMH.MUASRI*
loading...

TerPopuler