Pj. Bupati Bone Buka Resmi MUSCAB APDESI Bone
kapolres'
kapolres'
kapolres'
karebaparlementa'

Pj. Bupati Bone Buka Resmi MUSCAB APDESI Bone

Rabu, 10 Juli 2024,


BONE-WARTASULSEL.ID.  Pj. Bupati Bone, Drs. H. Andi Islamuddin, MH, membuka secara resmi MUSCAB ( Musyawarah Cabang ) APDESI ( Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ) Kabupaten Bone ke IV dengan tema "Mewujudkan Organisasi yang Sehat dan Bersama Apdesi Bone Kita Kuat." di Novena Hotel pada Rabu, 10 Juli 2024.


Pj. Bupati Bone  menyampaikan harapannya agar APDESI Bone terus berperan aktif dalam pembangunan desa dan mewujudkan organisasi yang solid serta  menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa dan kabupaten untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan.

Dihadiri  anggota DPR RI Fraksi PAN Andi Yuliani Paris, anggota DPRD Provinsi Andi Irwandi Natsir, anggota DPRD Provinsi terpilih dari Partai Gerindra Andi Tenri Abeng Salangketo, dan anggota DPRD Kabupaten Bone A. Muh Salam. Selain itu, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bone juga turut hadir, menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Irfan Rahim, dalam laporannya mengatakan bahwa melalui MUSCAB ini diharapkan APDESI dapat menjadi wadah bagi seluruh kepala desa untuk saling berbagi pengalaman dan informasi. "Kami berharap APDESI  kedepan bisa mengambil peran yang lebih besar dalam mensukseskan program pembangunan desa," ujar Irfan.

Menurutnya, perubahan yang diinginkan di Kabupaten Bone sangat tergantung pada kontribusi aktif dari seluruh anggota APDESI, "Kita semua ingin perubahan di Kabupaten Bone dan perubahan itu berada di tangan kita semua," tambahnya dengan semangat.

MUSCAB IV APDESI  ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang evaluasi dan pemilihan pengurus baru, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam membangun desa yang lebih maju dan mandiri. 

Sementara itu, Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH menegaskan pentingnya nilai-nilai musyawarah dalam setiap proses pengambilan keputusan. "Bermusyawarah mempunyai pijakan yang kuat, yang dipilih oleh orang berhak. Buka seluas-luasnya siapa saja yang bisa dipilih dan memilih, memberikan semua kesempatan," ujar beliau dalam pidatonya pada acara Musyawarah Cabang (MUSCAB) APDESI Bone.

Andi Islamuddin menekankan bahwa proses pemilihan adalah bagian integral dari demokrasi, dan setiap individu yang terpilih harus mendapatkan dukungan penuh. "Yang terpilih harus diberikan support, karena dalam pemilihan pasti ada kalah dan menang. Pilihlah orang-orang yang bisa mewujudkan tema yang diangkat hari ini. Jadi, pilihlah yang pantas," lanjutnya.

Beliau juga menggarisbawahi pentingnya persatuan pasca pemilihan. "Ketika ada terpilih, tidak boleh lagi ada perpecahan. Tugasnya kita yang terpilih, ketua dan pengurus, harus menyatukan persepsi dan mempersatukan baik yang tidak terpilih maupun yang tidak hadir di sini," ujarnya dengan penuh semangat.

Andi Islamuddin mengingatkan bahwa inti dari pemerintahan adalah kesejahteraan masyarakat. "Nafas dari pemerintahan adalah bagaimana masyarakat sejahtera," tegasnya, mengutip pepatah bijak dari leluhur, "Pappasena torioloe idi tomapparentah accueriwi to maegae," yang berarti "Nasehat orang tua dahulu kepada para pemimpin agar dalam pengambilan kebijakan selalu mengikuti orang banyak," katanya. 

Ia berharap MUSCAB kali ini mampu mengantarkan APDESI Bone menuju kejayaan. "Muscab bisa mengantarkan APDESI Bone berjaya. Pilihlah orang-orang yang terbaik. Mampu mewujudkan organisasi yang sehat," tutup Andi Islamuddin, memberikan dorongan moral kepada seluruh peserta MUSCAB.


Ketua DPD APDESI Sulawesi Selatan, Sri Rahayu Usmi, menekankan pentingnya sinergi antara Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia  dengan pemerintah daerah, "APDESI adalah mitra pemerintah, sehingga apapun bentuk kegiatan kita harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah karena Bupati Bone adalah orang tua kita," ujar Sri Rahayu dalam sambutannya.


Ditempat yang sama, Sri Rahayu juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras dan perjuangan bersama yang telah membuahkan hasil signifikan bagi para kepala desa. "Terima kasih atas perjuangan kita bersama. Berkat perjuangan kita, apa yang menjadi harapan kepala desa akhirnya tercapai," ujarnya dengan penuh rasa syukur. 

Keputusan ini memberikan kepala desa waktu yang lebih panjang untuk melaksanakan program-program pembangunan di desanya.

Sri Rahayu menekankan bahwa tidak ada yang mustahil selama ada kebersamaan dan kerja sama yang baik antara APDESI dan pemerintah. "Jadi tidak ada yang mustahil sepanjang kita bersama," tegasnya dengan optimisme.

Sebagai Ketua DPD APDESI, Sri Rahayu juga menitipkan harapan kepada Bupati Bone, Kapolres, DANDIM dan Kejaksaan untuk memberikan pembinaan kepada para kepala desa. "Selaku Ketua APDESI, saya titip ke Bupati Bone maupun kepada bapak Kapolres, DANDIM dan Kejaksaan agar para kepala desa dilakukan pembinaan. Jika memang ada yang salah langkah, diingatkan," tambahnya.

Pesan ini menunjukkan komitmen APDESI untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah dan penegak hukum demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler