Pemkot Palopo Gelar Diklat Calon Kepsek, Sekda: Kepsek Yang Profesional
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Pemkot Palopo Gelar Diklat Calon Kepsek, Sekda: Kepsek Yang Profesional

Senin, 27 September 2021,


PALOPO.WARTASULSEL.ID- Pemerintah Kota Palopo bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar acara Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah(Kepsek) Tahun Anggaran 2021.

Diklat tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanzah, DP, S.H., M. Si. di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo. Senin, 27 September 2021.

Firmanza, DP, mengatakan, Diklat Calon Kepala Sekolah, Tahun Anggaran 2021, merupakan kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan. 

" Kerja sama Pemkot Palopo dengan LPMP Prov. Sulsel serta Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) tahun anggaran 2021, " Ujarnya. 

Selain itu, hal tersebut, berdasarkan Permendikbud RI Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. 

" Berdasarkan Permendikbud RI Nomor 6 Tahun 2018. Sebagaimana salah satu syarat pelantikan menjadi Kepala Sekolah, yakni harus memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Tanda Tamat Pelatihan Calon Kepala Sekolah, " Jelasnya. 

Agar dalam pelaksanaan kegiatan ini, dapat menghadirkan kepala sekolah yang profesional, kreatif dan inovatif, dalam menjawab tantangan pembangunan ke depan. 

" Agar dapat menghadirkan Kepala Sekolah (Kepsek) yang profesional. Sebab tantangan kerja di masa depan dalam bidang apapun, akan semakin berat terlebih dalam bidang pendidikan, " Cetusnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Penilaian SDM Aparatur, Abdul Rachman, dalam sambutannya, menjelaskan, sasaran Calon Kepala Sekolah Kota Palopo, atau CAKEP, ialah merupakan dari jenjang SD dan SMP. 

" Merupakan dari jenjang SD dan SMP yang telah dinyatakan lulus dari substansi dasar CPNS, untuk mewujudkan PNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik, " Jelas Abdul. 

Abdul Rachman, mengungkapkan, untuk jumlah peserta CAKEP, hasil seleksi substansi Calon Kepala Sekolah Kota Palopo, yakni sebanyak 40 orang.

" Jumlah peserta CAKEP sebanyak 40 orang yang terdiri dari 35 peserta Kepala Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD) Dan 5 Peserta Kepala Sekolah jenjang SMP, diantaranya 16 peserta laki laki dan 24 perempuan, " Ungkapnya. 

Kegiatan Diklat ini, dilaksanakan mulai tanggal 16 September dan akan berakhir pada 5 Desember 2021, yang digelar di sejumlah lokasi di Kota Palopo. 

" Diklat ini, dilaksanakan mulai tanggal 16 September hingga 5 Desember 2021. Sementara anggaran pelaksanaan kegiatan ini, dibebankan pada DPA Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM Kota Palopo. tahun anggaran 2021 yang bersumber dari APBD Kota Palopo, " Cetus Abdul Rachman. 

Sementara itu, Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M.Pd, menuturkan, kehadiran sosok sosok Calon Kepala Sekolah ini, nantinya, akan terupdate secara nasional. 

" Nantinya, akan terupdate secara nasional, yang akan mengawal berbagai kebijakan terkait dengan pengawalan kualitas mutu pendidikan, " Tutur Abdul Halim Muharram. 

 *QMH. Yoga*
loading...

TerPopuler