200 Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Se Sulsel Ikuti Bimtek Pengembangan Perpustakaan
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

200 Pengelola Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Se Sulsel Ikuti Bimtek Pengembangan Perpustakaan

Kamis, 28 Juli 2022,


MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan kembali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Sekolah/ Madrasah dan Perpustakaan  Perguruan Tinggi di Hotel Aryaduta Makassar.


Kegiatan yang dibuka Kepala  DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H, Selasa (26/07/2022) dijadwalkan  berlangsung sampai Kamis (28/07/2022), diikuti 100 orang peserta dari pengelola perpustakaan sekolah/madrasah SD, SMP, SMA/SMK negeri dan swasta, serta 100 orang peserta dari pengelola perpustakaan perguruan tinggi. 

Dalam sambutannya  sebelum membuka kegiatan ini, Kadis Hasan Sijaya menjelaskan bahwa keberadaan perpustakaan dapat berfungsi dengan baik jika dikelola secara profesional sesuai dengan kaidah dan standar nasional penyelenggaraan perpustakaan. 

"Selain harus ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, juga harus di dukung oleh tenaga pengelola perpustakaan yang handal, terampil, dan berintegritas tinggi. Ini yang menjadi harapan kita semua," tegasnya.

Menurutnya, ada empat poin penting yang harus menjadi perhatian dari seluruh pengelola perpustakan, khususnya pengelola perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi. 

Pertama bagaimana perpustakaan itu bisa ber SNP (Standar Nasional Perpustakaan), kedua bagaimana perpustakaan bisa ber-NPP ( meliliki Nomor Pokok Perpustakaan), ketiga bagaima perpustakan bisa terakreditasi dan keempat bagaimana perpustakaan bisa bersinergi khususnya dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten Kota dalam mengembangkan perpustakaannya.

Selain Kepala DPK Sulsel, turut memberikan sambutan dan arahan secara virtual Kepala Perpusnas RI diwakili Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi M.Hum.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi "Kebijakan Nasional Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi" oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, Drs.Nurcahyono, M.Si., S.S.

Sesui jadwal dari panitia, pada hari kedua peserta dibagi dua kelas, yaitu kelas A: Perpustakaan Sekolah/Madrasah, dan kelas B: Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Di Kelas A: Perpustakaan Sekolah/Madrasah dengan materi Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah kemudian dilanjutkan dengan materi dan praktik teknis pengembangan koleksi (seleksi pengadaan, pengolahan bahan perpustakaan), materi dan praktik teknis pengolahan koleksi bahan perpustakaan (Katalogisasi, Klasifikasi, dan Tajuk Subjek), materi dan praktik teknis layanan dan promosi perpustakaan berbasis pemanfaatan TIK, praktik teknis layanan dan promosi perpustakaan berbasis pemanfaatan TIK yang dibawakan oleh Nurmaya Prahatmaja, S.Sos., M.A.

Diruangan yang berbeda,  Kelas B: Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan materi manajemen perpustakaan, ekosistem digital nasional, inovasi dan kreasi, dan empowerment yang dibawakan oleh Anastasia Santi Delliana, S.Sos., M.I.Kom. 

*QMH.LINDA*
loading...

TerPopuler