Bupati Sambut Direktur CIFOR-ICRAF Bawa Program Land4lives di Bone
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Bupati Sambut Direktur CIFOR-ICRAF Bawa Program Land4lives di Bone

Rabu, 14 September 2022,


BONE.WARTASULSEL.ID- Bupati Bone,  DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., didampingi Kepala BAPPEDA Bone,  DR. H. Ade Fariq Ashar, S.STP., M.Si., menyambut dengan baik  Audiensi Direktur CIFOR - ICRAF Indonesia, DR. Sonya Dewi di  Rumah Jabatan Bupati Bone, Selasa malam, 13 September 2022.

Audiensi dimaksud dalam rangka adanya dukungan  Bupati Bone terkait kegiatan Projek Sustainable Landscapes For Climate-Resilient Livelihoods in Indonesia (Land4Lives) yang ditempatkan  di kabupaten Bone.

Bupati Bone,  Dr.H. Andi Fahsar M Padjalangi, MSi menuturkan Kabupaten Bone merupakan daerah yang terluas di Sulawesi Selatan. Dengan sejumlah permasalahan dan kompleksitasnya, Bone terbuka untuk menerima sejumlah project yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami pemerintah daerah mensupport ini karena sangat membantu untuk pemberdayaan di masyarakat, membantu kita dalam peningkatan kesejahnteraan masyarakat, Bone ini daerah yang luas dengan segala keterbatasan APBD yang dimiliki," tutur Andi Fahsar.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah( BAPPEDA ) Bone, Dr. Ade Fariq Ashar, S.STP, MSi,

"Terkait dengan Land4lives yang dilaksanakan ICRAF dibantu oleh pemerintah Kanada,  kita bersyukur karena hanya Bone yang terpilih di Indonesia Timur karena memang kita luas wilayah dan segala aspek memang memenuhi syarat, kita punya daratan, laut, pergunungan, dan sungai, kita pilih desa dari hulu ke hilir Bone,"  Ucap  Dr Ade Fariq.

Direktur ICRAF Indonesia,  Dr.  Sonya Dewi menuturkan ke awak media setelah pertemuan dengan Bupati Bone mengatakan,  program ICRAF untuk menfasilitasi dan melakukan pendampingan di tingkat desa, melakukan peningkatan kapasitas masyarakat. 

 "Dipilihnya Kabupaten Bone lantaran  memenuhi kriteria.
Kami melihat Bone ini sangat potensial namun memiliki sejumlah permasalahan,  di mana memiliki DAS Walanae yang kadang-kadang kebanjiran, dan juga perubahan iklim saat ini akan semakin ekstrem, lebih sering terjadi, kami merasa dengan adanya project land4lives bisa membantu memperkuat kapasitas penghidupan masyarakat, untuk melakukan upaya mitigasi, meningkatkan ketahanan sekaligus beradaptasi sehingga  tidak rentan dengan  dampak buruk perubahan iklim melalui partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan lingkungan dan komunitas," ungkapnya.

Sonya mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Kabupaten Bone bersama pemerintah daerah Bone untuk program Land4lives.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati yang menyambut sangat baik dan kami berharap semua bisa bekerja sama untuk memberikan kehidupan lebih baik di masyarakat, Kami mempunyai 12 desa dari 7 Kecamatan di kabupaten Bone sebagai lokus pilot project yang sudah terpilih mewakili keberagaman dari hulu ke hilir, mulai desa hutan hingga ke hilir desa nelayan," urai Sonya.

"Program yang ditawarkan untuk peningkatan kapasitas agar masyarakat bisa mengelolah lahannya lebih baik dan lebih ramah iklim dan produktivitas juga meningkat, kita juga akan bantu ke akses pasar, akses pendanaan ke perbankan," tutup Direktur CIFOR-ICRAF.

Turut Hadir  Kadis PSDA  Bone, Dr. Ir. Khalil Sihab, M.Si., Kadis PPPA Bone Dra. Hj. Rosnawati, M.Si., Kadis Kominfo Bone, Drs. Andi Amran, M.Si., Kadis PMD Bone, Drs. Andi Gunadil Ukra, M.M., dan Kadis DLH Bone Dray Vibrianto, S.IP., M.Si.

**QMH*AHAS**
loading...

TerPopuler