Pj.Bupati Bone Bersama FORKOPIMDA Ziarah Makam Raja Raja Bone
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Pj.Bupati Bone Bersama FORKOPIMDA Ziarah Makam Raja Raja Bone

Jumat, 19 April 2024,
 
BONE-WARTASULSEL.ID- Menjelang puncak acara Hari Jadi Bone yang  ke 694, agenda acara Mattompang Arajang yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 April, didahului dengan agenda Ziarah Makam Raja Raja  Bone dalam wilayah Kabupaten Bone,   dipimpin langsung  Pj. Bupati Bone,  Drs. H. Andi Islamuddin, M.H., bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( FORKOPIMDA ) Kabupaten Bone diantaranya Kapolres Bone, DANDIM 1407 Tauwarani Bone, PJ. SEKDA Bone, DANYON BRIMOB C Pelopor Tenri Betta Bone, dan Kepala OPD dalam lingkup PEMDA Bone, KABAG dan Camat serta Lurah di Wilayah Kota Watampone, Kamis, 18 April 2024.

Ziarah makam hari ini merupakan agenda terakhir ziarah makam Raja Raja Bone dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Bone, karena sebelum memasuki bulan Ramadhan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bone telah melaksanakan ziarah makam di luar wilayah Kabupaten Bone.

Lokasi pertama yang dikunjungi Pj. Bupati Bone bersama rombongan FORKOPIMDA  yaitu Situs ManurungE Ri Matajang, PJ. Bupati Bone disambut dengan teaterikal  singkat sejarah munculnya Mangkau ( Raja ) Bone pertama Mata Silompoa, ManurungE Ri Matajang.

Camat Tanete Riattang beserta jajaran mengemas aksi teaterikal awal mula masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone, agar kekacauan pada masa itu bisa di redam hingga Mata Silompoa diminta menjadi Mangkau ( Raja Pertama ) di Kerajaan Bone.

Selanjutnya  Pj. Bupati Bone beserta rombongan menziarahi makam Raja Bone yang ke II,  La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota Watampone.

Raja Bone ke II dikenal sebagai pandai besi termasyhur di Bone pada masanya. Mampu membuat senjata dari besi hanya dengan menggunakan tangannya saja, selain itu Raja Bone ke II ini sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti : daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.


Pj. Bupati Bone melanjutkan ziarah ke Lokasi yang ke III, Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di kompleks pekuburan Lalebbata,  Masjid Tua Al-Mujahidin, Jalan Sungai Citarum, Kota Watampone.

Kunjungan ziarah makam raja di lokasi keempat, PJ. Bupati Bone berada di Kompleks Pemakaman KalokkoE, jalan Cempalagi,  Kelurahan Bukaka, Kecamatan Tanete Riattang,  menziarahi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung.

Sebelum PJ Bupati Bone, Drs.  H. A Islamuddin, MH meninggalkan lokasi menuju Lokasi makam Raja Bone ke XXXIII, La Pabenteng Petta Lawa di Matuju dan La Patau Matanna Tikka, Raja Bone ke XVI di Desa Nagauleng, Kecamatan Cenrana, awak media Wartasulsel menemui PJ. Bupati Bone.

Andi Islamuddin mengatakan bahwa  ziarah makam raja Bone
hari ini salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Bone yang ke 694, yaitu Ziarah makam raja Bone yang ada dalam wilayah Kabupaten Bone, sebelumnya juga sudah kita lakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadan yaitu ziarah makam raja Bone yang di luar Sulawesi Selatan termasuk yang di taman Makam pahlawan kalibata yaitu biasa kita kenal Petta Ponggawae  dan  beberapa raja-raja Bone yang dimakamkan di Kabupaten Bantaeng, Gowa, Makassar, Pangkep dan Pinrang.

 "ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan terima kasih dan rasa syukur kita, bahwa kita harus sadar,  tidak bisa  menikmati pembangunan di Kabupaten Bone ini seandainya tidak ada raja-raja ini yang telah mengorbankan seluruh buah pikiran seluruh tenaga untuk Bone," ucapnya.

Lanjutnya, "ini tidak boleh dihentikan dan harus senantiasa dilakukan untuk mengingatkan kita bahwa ada orang-orang yang pernah berjasa kepada daerah ini," harap Andi Islamuddin.

Diketahui beberapa lokasi makam-makam raja Bone ini sudah kita  revitalisasi, sudah di perbaiki.


 PJ. Bupati Bone juga menyampaikan bahwa, "Pemerintah Daerah Kabupaten Bone mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada bapak Kapolda Sulawesi Selatan, karena beliau sebagai salah satu putra Bone   telah melakukan peresmian revitalisasi makam Arung Palakka dan makam Karaeng Pattingalloang yang ada di Kabupaten Gowa, yang dilakukan oleh bapak Irjen. Pol, Rian Jayadi, SIK," ungkap Andi Islamuddin. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler