Semarak Festival Amaliah Ramadhan Di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Semarak Festival Amaliah Ramadhan Di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I

Senin, 25 April 2022,



MAKASSAR.WARTASULSEL.ID-Dalam rangka menyemarakkan Amaliah Ramadhan 2022, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA & SMK menyelenggarakan Festival Amaliah Ramadhan 1443 Hijriah yang digelar selama tiga hari mulai Senin s.d Rabu (25 s.d. 27 April 2022). 

Acara tersebut mengusung tema "Dengan Sinergi, Energi, dan Resonansi Ramadhan, Kita Tingkatkan Kualitas diri Menuju Cabdisdik Wilayah I yang CERDASki".

Acara pembukaan yang berlangsung meriah, diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an oleh Kepala UPT SMA Negeri 12 Maros. Predikat sebagai salah seorang mantan Qori Terbaik di Kabupaten Maros, Muhammad Amin, S.Ag., M.Pd.I tampil memukau dalam melantunkan Qalam Ilahi yang membuat Kacabdis dan para undangan yang hadir berdecak kagum.
  
Kepala UPT SMA Negeri 11 Maros, Drs.Muh. Said, M.Pd. sebagai perwakilan panitia bersama dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Festival Ramadhan ini bertujuan di samping untuk menjalin dan memperkuat silaturahmi antar sekolah, juga sebagai wadah untuk memberi ruang kepada para siswa dalam ajang kompetisi untuk mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki para siswa. 

Muh. Said juga melaporkan bahwa kegiatan Festival Amaliah Ramadhan ini diikuti oleh 31 SMA dan SMK lingkup Cabdisdik Wilayah I dan memperlombakan tiga kategori, di antaranya; Tilawah, Tadarrus, dan Ceramah (tingkat siswa). Sementara untuk tingkat kepala sekolah plus pejabat Cabdisdik, yaitu Lomba Adzan (kriteria putra) dan Lomba Tadarrus (kriteria putri). Selanjutnya untuk integritas penyelenggaraan lomba, proses penilaian dipercayakan kepada Tim Juri dari Kementerian Agama Kabupaten Maros, pungkas Muh. Said.

Sementara itu, Ketua MKKS - SMA Kabupaten Maros, Drs. Kencang, M.Pd. menegaskan bahwa kegiatan Festival Amaliah Ramadhan ini merupakan pengembangan Program Prioritas Gubernur Sulawesi Selatan yaitu Literasi Kitab Suci Al-Qur'an yang selanjutnya diperkuat dengan program yang dicanangkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang dikenal dengan Sinergi, Energi, dan Resonansi (SER) Ramadhan. Drs. Kencang yang juga selaku Ketua MKKS - SMA se-Sulawesi Selatan menyampaikan apresiasi kepada Kacabdisdik Wilayah I atas amanah dan support yang telah diberikan mulai dari tahap perencanaan.

 Dirinya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap panitia bersama yang telah bersinergi dan berkomitmen dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

 Apresiasi yang sama juga diberikan kepada para kepala sekolah yang telah berpartisipasi sebagai peserta.

 Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Hj. Bagyang, S.Pd, MM. dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan pujian kepada segenap pihak khususnya kepada panitia bersama yang menurutnya selama sepekan terakhir telah bekerja secara marathon sehingga Festival Amaliah Ramadhan ini dapat terselenggara sesuai yang diharapkan. 

Terkait dengan tingkat partisipasi sekolah yang dinilainya masih terbilang rendah pada penyelenggaraan Festival Amaliah Ramadhan tahun ini, dirinya berharap agar penyelenggaraan pada tahun mendatang gaungnya lebih ditingkatkan lagi sehingga jumlah peserta lebih banyak lagi.

Selanjutnya Hj. Bagyang mengajak para peserta untuk memanfaatkan momentum ini secara maksimal. Menjadikan Festival Amaliah Ramadhan sebagai ajang kompetisi menuju yang terbaik; Cerdas Intelektual, Cerdas Emosional, dan Cerdas Spritual.

*QMH.SALMAN*
loading...

TerPopuler