Kapolda Lampung Kunjungi Polres Mesuji,Ini Pesannya
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Kapolda Lampung Kunjungi Polres Mesuji,Ini Pesannya

Kamis, 04 Agustus 2022,


MESUJI.WARTASULSEL.ID- Kapolres Mesuji Polda Lampung bersama jajaran menyambut kedatangan Kapolda Lampung dalam Giat Kunjungannya di Mako Polres Mesuji. Kamis (04/08/22) di Desa Wira Bangun, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji.


Pada Kunjungannya kali ini Kapolda Lampung Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus S.Ik, M.Si, M.M di dampingi oleh Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Amiludin Roemtaat S.Ik, Dir Lantas Polda Lampung Kombes Pol. Medyanta S.Ik, Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol. Mohammad Syarhan S.Ik, M.H, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad S.H, M.Si, Koorspripim Polda Lampung AKBP Ade Hermanto, S.I.K., S.H, Kasubdit Wisata Dit Pam Obvit Polda Lampung AKBP Hendriansyah, S.H, dan Kasat PJR Dit Pantas Polda Lampung AKBP Sugeng SW.

Dan di sambut oleh Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo S.E bersama Bupati Mesuji Drs. Sulpakar M.M, Waka Polres Mesuji Kompol Juli Sundara A.Md, Danramil 0426-01/SP Mayor Inf. Sutoto, Para PJU Polres Mesuji, Ketua NU Kabupaten Mesuji Abdul Karim Mahfud, Forkopimda Kabupaten Mesuji, Seluruh Personil Polres Mesuji serta Para Tokoh Masyarakat, Agama, dan Tokoh Adat.

Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo S.E dalam sambutan mengucapkan Terimakasih atas Kunjungan Bapak Kapolda beserta Rombongan. 

"Disini Saya akan menjelaskan sedikit terkait Situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Mesuji. Untuk Situasi secara Umum Aman dan Kondusif". Ucapnya

Letak Geografis Kabupaten Mesuji terletak diantara 2 Kabupaten yaitu Tulang Bawang dan OKI Sumatera Selatan, dengan jumlah Penduduk 324.583 Jiwa, sedangkan Personil Polres Mesuji hanya berjumlah 339 Personil. Yang berarti 1 Personil mengawasi 700 Penduduk dan mayoritas bekerja sebagai Petani.

"Terdapat 4 Polsek dan 2 Polsubsektor, yang kedepannya akan di bangun 1 Polsubsektor di Wilayah Kecamatan Panca Jaya. Dalam upaya menjaga Situasi Kamtibmas di Wilayah Bumi Ragab Begawe Caram. Jajaran melaksanakan Kegiatan Patroli bermalam di Desa Desa, melaksanakan Patroli Skala Besar. Serta mengadakan Perlombaan Kicau Mania, yang bertujuan untuk mendekatkan Polri kepada Masyarakat dalam bentuk Fasilitas Penyaluran Hobi". Jelas AKBP Yuli

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, Sampai saat ini Kita masih terus berjibaku melawan Covid-19. Dahulu Kabupaten Mesuji sempat bertahan di Zona Hijau, namun berangsur berubah menjadi Zona kuning. Sampai saat ini tercatat 1207 Orang terkonfirmasi Positif dan 59 diantaranya MD. Oleh sebab itu Kami berusaha sebisa mungkin untuk mengembalikan Situasi ke Zona Hijau.

Sampai hari ini Program Vaksinasi tetap dilakukan bahkan terus berupaya untuk Hari Libur kegiatan Vaksinasi tetap berjalan. Untuk upaya penanganan covid-19 secara maksimal, Sinergitas TNI Polri dan Forkopimda sudah di bangun dengan baik. Tutup Orang Nomer Satu di Mapolres Mesuji.

Kemudian di lanjutkan Arahan dari Kapolda Lampung Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.Ik, M.Si, M.M, Pertama ia mengucapkan Terimakasih atas Sambutan dari Bapak Kapolres, tentunya dalam Bidang Pembinaan terutama SDM hampir seluruhnya di Wilayah Lampung baik Polres maupun Polsek masih mengalami keterbatasan Anggota.

Kemudian terkait Penanganan Konflik Agraria, pesan Saya adalah, Kita tidak boleh ada di dalamnya dan tidak boleh berpihak. Kita harus menjadi Mediator antara Kedua Pihak, lakukan Kegiatan Preemtif dan Preventif, kemudian Problem Solving bersama Stakeholder lainnya dalam menyelesaikan Permasalahan yang ada. Pelaksanaan Pencegahan itu tidak hanya Berpatroli namun harus melakukan Dialog kepada Masyarakat sebagai bentuk dukungan kebijakan Kapolri tentang Transformasi Polri yang presisi. Lanjut Kapolda Lampung

Apa yang sudah menjadi Trobosan pada Polres Mesuji tentang Kinerja Polri untuk menjaga Situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Mesuji selanjutnya untuk tetap dipertahankan dan di tingkatkan. Kebijakan Kapolri tentang Transformasi Polri yang Presisi harus dilaksanakan, guna meningkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Anggota Polri.

Kepercayaan Masyarakat terhadap Polri sangat dipengaruhi oleh Tingkah Laku Anggota Polri, oleh sebab itu Propam harus tetap melakukan Pengawasan terhadap Anggota Polri.

"Saya ingin menyampaikan bahwa Hubungan Strategis Kita adalah saling terkait antara satu sama lain, termasuk untuk Situasi dalam menghadapi Pandemi Covid-19, sudah menjadi Kasus Global disekitar kita, masing-masing Kepala Daerah bagaimana Warganya harus bisa terbebas dari masa Pandemi Covid-19". Terang Irjen Pol Wiyagus
 
Lebih lanjut, Saat ini Indonesia termasuk Negara yang berhasil menghadapi Pandemi Covid-19, jadi Saya ingin Rekan-Rekan sekalian jadikan ini sebagai suatu Apresiasi dari Pemerintah terhadap Instansi Polri, bagaimana telah mendukung Program untuk menghadapi Pandemi Covid-19, ini semua adalah peran dari Kita termasuk Rekan - Rekan yang ada di Wilayah Hukum Polres Mesuji.

Ia menambahkan, Kita sebagai Personil Polri harus lebih berhati - hati dalam mengklarifikasi terhadap Statement - Statement yang Kita berikan, karena kemajuan Teknologi menjadikan Media ada di sekeliling, jadi Kita harus Peka terhadap apapun yang terjadi dan jangan menambah Beban kepada Institusi. Tugas Kepolisian semakin berat, oleh sebab itu Tauladan harus diberikan kepada diri sendiri dan Anggota, banyak berita Hoax yang beredar namun bisa menjadi dikatakan benar, karena kita hidup di Era dimana dahsyatnya Jurnalis. Jelas Kapolda

Kemudian mari Kita sama - sama meningkatkan Preventif terhadap Kasus yang ada di masing - masing Wilayah, Kita akan memberikan dukungan penuh terhadap Aparat Desa untuk meminimalisir tingkat kejahatan di Wilayahnya, para PJU harus pandai-pandai dalam mendekatkan diri kepada para Aparat Desa, hal ini sangat mendasar, tetapi harus saya sampaikan kepada rekan-rekan, kita sebagai Anggota Polri diberikan Wewenang janganlah menyalahgunakannya yang sudah diberikan kepada Kita selama 58 Tahun. Imbuhnya

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda Lampung berpesan
"Pesan Saya jaga Kesehatanmu, jaga Keselamatanmu dan jaga Keluargamu, karena Keluarga adalah Tempat Kita kembali dan karena Mereka merupakan cerminan Diri Kita sebagai Anggota Polri". 

*QMH.Rept : toni*
loading...

TerPopuler