Masyarakat Selayar Bebas Memilih Alat Transportasi Dalam Pelayaran
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Masyarakat Selayar Bebas Memilih Alat Transportasi Dalam Pelayaran

Kamis, 27 Oktober 2022,


SELAYAR.WARTASULSEL.ID-Masyarakat kepulauan Selayar yang ingin memanfaatkan alat transportasi laut kini tidak lagi sulit sebab pemerintah sudah menyiapkan armada kapal.


Termasuk kehadiran KMP Takabonerate,dengan hadirnya satu armada dari ASDP ini masyarakat yang akan menyeberang antar pulau bebas memilih angkutan laut, ada Feri Takabonerate, ada Cormomolin juga KM Sabuk Nusantara. 
Selain itu banyak alternatif perahu kayu yang ukurannya sudah memadai besarnya untuk angkutan antar pulau pulau kecil dalam wilayah Kep. Selayar ini, ujar salah seorang penumpang yang naik dari Pelabuhan Benteng Selayar menuju Pelabuhan Fery Bira Bulukumba.

Sementara Muallim 1 KMP Takabonerate Ilmi Efendi  kepada media ini saat tengah berlayar dari Benteng Ibukota Kab. Kep.Selayar menuju Bira Bulukumba.

Saat di tanya, apakah pihak pelayaran tidak mengalami kerugian jika dilihat jumlah penumpang yang sangat kurang ini sepertinya uang tiket penumpang tidak cukup untuk biaya operosional. Ilmi Efendi mengatakan, bahwa kami hanya jalan sesuai rute dan jadwal yang telah ditentukan, ASDP telah mensubsidi pembiayaan operasional KMP ini, karena KMP Taka bonerate adalah kapal penyeberangan Perintis.
Adapun jadwal penyeberangan setiap kamis sore dari Bira Bulukumba menuju Benteng Kep. Selayar pada malam jum'at, menuju pelabuhan Kayuadi, terus ke Benteng Jampea, terus Bonerate lanjut Kalaotoa  Kec. Pasilambena kemudian kembali ke Bonerate Kec. Pasimarannu, terus Benteng Jampea terus Kayuadi tiba hari jum'at subuh, lanjut ke Benteng Selayar dan balik  ke Kayuadi terus ke Benteng jampea baru balik ke Kayuadi malam selasa tiba hari selasa subuh di Kayuadi baru kembali ke Benteng Selayar terus ke Bira Bulukumba kembali.

Perrlu diketahui bahwa harga tiket jauh lebih murah dibanding harga tiket penyeberang Bira Pamatata dan Pamatata Bira padahal jaraknya lebih jauh dua kali lipat, ungkapnya.

*QMH.NALA*
loading...

TerPopuler