Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Watampone Komitmen Tetap Layani Peserta JKN
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Watampone Komitmen Tetap Layani Peserta JKN

Sabtu, 23 Maret 2024,


BONE-WARTASULSEL.ID.
Pelayanan pada saat Libur dan cuti lebaran idul Fitri pada  tanggal 8 sampai  15 April 2024, BPJS Kesehatan telah berkomitmen untuk tetap memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan dengan prinsip Portabilitas yang telah ditetapkan BPJS Kesehatan. Walaupun diketahui bahwa Kondisi Libur dan cuti lebaran Idul Fitri terutama di wilayah  BOSOWASI dibawah area BPJS Kesehatan Cabang Watampone, pelayanan agak sedikit terganggu disebabkan para pegawai BPJS kesehatan Cabang Watampone yang meliputi 4 area Kabupaten ( BOSOWASI ) yakni Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai, demikian pula tenaga dokter dan perawat mayoritas beragama Islam, ikut pula merayakan hari raya idul Fitri, sehingga pelayanan akan diatur jadwalnya, dan JKN seluruh Indonesia telah berkomitmen untuk tetap melaksanakan pelayanan kepesertaan BPJS kesehatan yang aktif, demikian pula bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi, informasi dan pelayanan medis namun kepesertaan BPJS kesehatan belum aktif akan tetap dilayani di masa libur lebaran 2024.

Sebagaimana disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Asis Rumlutur pada saat Komprensi Pers di Aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Jalan Cokroaminoto, Kota Watampone, Kabupaten Bone, SULSEL,  Jumat 22 Maret 2024.

"Prinsip pelayanan Portabilitas adalah memberikan jaminan pelayanan Kesehatan dengan mudah, cepat dan setara ke peserta JKN, baik yang berada dalam wilayah kerja maupun diluar Kabupaten, misalnya warga Bone mudik ke Makassar, bila memerlukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP ) dapat mengakses FKTP terdekat dari  tempatnya, demikian pula bagi pasien Rawat Jalan, apabila mudik dan memerlukan pemeriksaan kesehatan atau memerlukan obat dapat mengakses FKTP terdekat dari tempatnya juga, tidak perlu kembali ke Bone, tinggal memperlihatkan NIK dan surat Rujukan, bila kepesertaannya masih aktif, demikian pula peserta JKN dari Kabupaten lain masuk mudik di Kabupaten Bone, memerlukan layanan kesehatan tetap dilayani, tutur Indira.

Lanjutnya, "untuk memudahkan peserta JKN mendapatkan informasi dan layanan, cukup mengakses Layanan Administrasi diaplikasi wa ( PANDAWA ) atau bisa mengakses layanan Informasi dan pengaduan aplikasi Mobile JKN dari jam 08.00 sampai 12.00, serta kantor tetap melayani tatap muka untuk pelayanan Administrasi, informasi dan pengaduan dari jam 08.00 Sampai 12.00 selama masa libur dan cuti lebaran," jelasnya.


Drg. Yusup T mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone menyampaikan bahwa, "terkait dengan pelayanan kesehatan dalam masa libur dan cuti lebaran Idul Fitri, walaupun Kondisi terbatas, tetap membuka posko pelayanan kesehatan dan posko mudik kita siapkan," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Bone.

Tambahnya, "masyarakat tidak usah ragu, kita siapkan pasilitas kesehatan selama masa libur dan cuti lebaran dan  didukung oleh tenaga medis di semua fasilitas kesehatan, mulai dari Puskesmas sampai ke Rumah sakit," tegasnya. *QMH*AHAS*
loading...

TerPopuler