Pembukaan OSN Tingkat Palopo, Asrul Sani: Kita Memiliki Bibit Unggul, Asnita: 380 Siswa
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Pembukaan OSN Tingkat Palopo, Asrul Sani: Kita Memiliki Bibit Unggul, Asnita: 380 Siswa

Selasa, 19 Maret 2024,


PALOPO.WARTASULSEL.ID- Pj (Pejabat) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, S.H., M.Si, mengatakan, bahwa salah satu visi Indonesia emas pada tahun 2045 adalah penguatan dan pengembangan sains dalam negeri.
Generasi muda saat ini adalah termasuk penentu terwujud tidaknya visi bangsa tersebut. Karena itu, sejak dini perlu mendorong generasi muda untuk mempelajari, mendalami dan menjadikan ilmu pengetahuan sains dan teknologi sebagai salah satu pengetahuan favorit mereka.

Asrul Sani, mengungkapkan, Kota Palopo dengan bonus demografi yang dimilikinya memungkinkan melahirkan insan-insan yang berpotensi mendukung pengembangan sains dan teknologi, dengan cara mengasah kemampuan yang dimiliki oleh pelajar kita.

"Bakat alam dan minat yang dimiliki, tidak akan cukup bila tak diasah sedemikian rupa. Olehnya, lomba seperti ini akan menjadi ajang yang tepat bagi mereka dalam menempa potensi positifnya dalam bidang sains dan teknologi,"  ungkap Asrul Sani. Selasa, 19 Maret 2024, di ruang Ratona, di Palopo, saat menghadiri pembukaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Palopo.

Ia berharap, agar kesempatan ini bukan saja dijadikan sebagai ajang mengasah kemampuan akademik, tetapi sebagai wahana penguatan dan pengembangan karakter dan kepribadian. Dengan semangat merdeka belajar yang digaungkan selama ini dan melalui event ini, antusiasme para pelajar terhadap ilmu pengetahuan sains dapat lebih meningkat.

"Sehingga ke depan, kita memiliki bibit unggul yang punya daya kreativitas tinggi. Punya inovasi yang luar biasa dan tentunya punya karakter positif,"  harapnya.

Ke depan, di Kota Palopo, perlu dilakukan pengembangan profesionalisme guru sains melalui komunitas seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), dengan berkolaborasi dengan pihak perguruan tinggi dan atau lembaga pendidikan lainnya. 

"Sehingga pembinaan dan pengembangan kompetensi sains di kalangan pelajar, dapat berlangsung secara berkelanjutan,"  pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 380 siswa mulai tingkat SD dan SMP. Untuk jenjang SD dilaksanakan tanggal 21 Maret dan untuk jenjang SMP dilaksanakan pada tanggal 21 April yang akan dilaksanakan secara online seluruh Indonesia.

"Sehingga untuk Kota Palopo, akan dilaksanakan dalam satu waktu dan satu tempat di ruang pertemuan Ratona Kantor Wali Kota Palopo,"  ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP, yang bercita cita mengembangkan re-generasi yang berproduktif di dunia pendidikan.

*QMH. Yoga. Kominfo Plp*
loading...

TerPopuler