Kompetisi Siswa Kreatif Berkarakter SMP Negeri 1 Sengkang Tahun 2022
hj
hj
hj
hj
hj
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'
kapolres'

Kompetisi Siswa Kreatif Berkarakter SMP Negeri 1 Sengkang Tahun 2022

Rabu, 13 April 2022,


WAJO.WARTASULSEL.ID- Kompetisi Siswa Kreatif Berkarakter SMP Negeri 1 Sengkang Tahun 2022 Belajar yang sedang dicanangkan ini juga diperkuat dengan tujuan pendidikan nasional yang telah dinyatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dari Pasal 3. 

dimana Pendidikan diselenggarakan agar setiap individu dapat menjadi manusia yang “beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. 

Kedua semangat ini yang kemudian memunculkan sebuah pedoman, sebuah penunjuk arah yang konsisten, dalam pendidikan di Indonesia Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia.

Berkaitan hal tersebut SMP Negeri 1 Sengkang melaksanakan kegiatan “Kompetisi Siswa Kreatif Berkarakter” dengan tema : mewujudkan Merdeka Belajar dalam melahirkan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan dari tanggal 28 sd 30 maret 2022 untuk lomba akademik dan seni serta tanggal 11 sd 12 april 2022 untuk lomba keagamaan.

Menurut Rusdiyanto. L, S.T, S.Pd selaku ketua panitia bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain, Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam berbagai bidang.
Membina dan mempersiapkan siswa  berprestasi pada tingkat kabupaten, propinsi, nasional maupun        internasional sejak usia dini sudah dikembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab
Mengembangkan budaya positif dalam kehidupan sehari-hari siswa."Unkapnya.

Lanjut Rusdiyanto bahwa Menumbuh kembangkan nasionalisme dan cinta tanah air dan menjalin solidaritas dan persahabatan antara pelajar.

Sasaran dari pelaksanaan kegiatan kompetisi siswa kreatif berkarakter berasal dari siswa siswi SD/Mi Sederajat kelas VI  Se Kabupaten Wajo tahun 2022.

Adapun Jenis Lomba yang dipertandingkan adalah :
Lomba Menghafal surah pendek,Lomba Pildacil,Lomba Adzan,Lomba Shalawat Badar,Lomba Matematika,Lomba IPA, Lomba IPS, Lomba Baca Puisi (Bahasa Indonesia), Lomba Mendongeng (bahasa daerah bugis), Lomba Lagu Solo.

Sementara itu Selaku Kepala SMP Negeri 1 Sengkang Umar, S.Pd, M.M menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi program sekolah berdampak pada murid yang akan dilaksanakan tiap tahun untuk memberikan wadah kepada siswa siswi SD/Mi dalam berkompetisi untuk melahirkan profil pelajar Pancasila."ucapnya Umar.

Lanjut Umar Adapun yang menjadi juara umum dalam kompetisi siswa kreatif berkarakter tahun 2022 di SMP Negeri 1 Sengkang adalah sebagai berikut, Juara Umum I SDN 262 Bulupabbulu, Juara Umum II SDN 4 Maddukkelleng, Juara Umum III SDN 373 Laelo, Pelajar yang memiliki profil ini adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif."ukap Umar
 

*QMH.Halman Jy*
loading...

TerPopuler